Rabu, 29 April 2015

Ke Singapore Lewat Batam?

Haii haii haii.. Kali ini aku mau cerita ney pengalaman mendadak ke Singapore. Kenapa aku bilang mendadak? Soalnya kami berangkat kamis pagi, first ferry tapi suamiku baru mengatakan kalo kami akan ke Singapore tuh rabu malam sepulang kerja. What? Ini bener-bener dadakan, Dear T_T. Kebetulan suami lagi ada tugas ke Singapore selama beberapa hari. Meski pun jaraknya dekat karena kami tinggal di Batam tapi suami gak tega ninggal istri tercintanya ini sendirian di rumah, jadinya daku di ajakin sekalian dengan konsekuensi ini bukan jalan-jalan. It's oke wae Dear, hehe. Rabu malam tuh aku langsung nyiapin apa-apa keperluan aku dan suami. Bagi yang mau ke Singapore lewat Batam mungkin tulisanku ini akan sedikit bermanfaat. Apa-apa ajah sich yang harus disiapkan? Cekidot cekidot.


Pertama-tama, aku share info dulu ya mengenai pelabuhan ferry di Batam yang melayani penyeberangan ke Singapore by ferry. Ada 4 pelabuhan yang tersedia: Nongsapura, Batam Centre, Sekupang, dan Waterfront City. Jika anda dari luar Batam menggunakan pesawat, anda akan mendarat di Bandara Hang Nadim maka pelabuhan yang terdekat adalah Batam Centre. Pelabuhan ini berada di pusat kota jadi rame sekali. Orang Singapore yang ke Batam juga biasanya lewat pelabuhan ini. Kalo aku sendiri biasanya lewat Sekupang karena lebih dekat dengan rumah dan paling dekat dengan Singapore (kalo dilihat di peta sich, hehe).


Jangan lupa siapin paspor ya? Karena nanti di imigrasi Batam maupun Singapore paspor kita akan di cek dan dibubuhi stempel sebagai tanda kita berkunjung ke negara lain.


Kedua, siapkan tiket ferry donk. Karena suami belinya dadakan jadi banyak tiket yang sold, kami dapat tiket BATAM FAST seharga Rp. 160.000 PP tidak termasuk pajak. Aku pribadi menyarankan beli tiket yang All in ajah (sudah include tax) karena lebih praktis menurutku. Pajak di pelabuhan Sekupang Batam kemarin Rp. 65.000, sedangkan tax yang dari pelabuhan HarbourFront Singapore sebesar 6 SGD. Jadi total biaya keseluruhan Rp. 283.500. Oiya yang perlu aku garis bawahi adalah kalo mau beli tiket ferry lebih murah di luar pelabuhan. Di Batam banyak sekali agen tiket ferry, karena kalo beli di pelabuhan harga tiketnya mahal 48 SGD PP include tax.

Masalah tiket dah jelas ya? Saatnya perjalanan menuju Singapore. Sekupang Batam - HarbourFront Singapore ditempuh dalam waktu 45 menit. Kalo pelabuhan lain aku gak tahu karena selalu lewat Sekupang, hehe. Sesampainya disana, ya seperti biasa melewati imigrasi. Sekali lagi karena dadakan, aku belum tukar uang. Jadinya aku tukar di HarbourFront dech. Kemarin tuh Rp. 9.750 = 1 SGD. Ya aku tukar lah secukupnya.


Itu sisa duit aku, kami memutuskan untuk tidak menukarkan ke rupiah karena ruginya banyak. 1 SGD cuma dihargai Rp. 9.300 jadinya kami simpan ajah buat jaga-jaga kalo ke Singapore lagi.

Setelah menginjakkan kaki di HarbourFront, bagi yang lapar bisa makan dulu di sini. Karena harga makanan dan minumannya jauh lebih murah daripada di kotanya. Di sini juga banyak yang bisa Bahasa Indonesia, mungkin saking banyaknya orang Indonesia yang berkunjung ke Singapore.

Bagi yang pingin cuci mata, bisa langsung ke Vivo City Mall. Mall ini sebelahnya pas dari HarbourFront. Karena suami langsung bergegas ke kantor di Singapore jadinya aku memutuskan jalan-jalan sendiri muter-muter Vivo City ampe khatam mungkin aku lokasi tiap2 store, hehe just kidding. Yang mau ke Sentosa Island juga lewat Vivo City ini. Jadi kamu cari Lobby L terus naik ke atas. Nanti akan ketemu kereta yang mengantar kita ke Sentosa Island. Harga tiketnya 4 SGD PP seingatku. Disana kita bisa mengunjungi Universal Studio atau cuma sekedar poto-poto di ikonnya tuh bola dunia yang gede bingits.

Kalo kamu mau menelusuri jalanan Singapore, bisa naik MRT. Di Vivo City ini ada petunjuk arah ke MRT. Kalo kamu masuk dari arah HarbourFront (yang ada Starbuck), kamu masuk lurus terus belok kiri. Depannya Tang's tuh ada eskalator turun itu ke stasiun MRT. Kalo kamu belum punya tiket, kamu bisa beli EZ-Link di loket stasiun MRT. Harganya 12 SGD berisi saldo 7 SGD. Kamu bisa top up saldo kamu. Ada tersedia banyak mesin untuk top up kok.


Itu ez-link aku dari tahun 2012. Masih bisa dipake kok. Expired nya 5 tahun seingatku. Jadi masih bisa dipake sampe 2017 nanti.


Kalo yang ini ez-link aku tahun 2014 kemarin. Lebih colorfull ya? Lebih unyu-unyu, haha.

Bagi kamu yang belum hafal rute MRT, kamu bisa minta ke petugas disana peta MRT yang pocket. Jadi bisa kamu bawa kemana-mana selama menelurusi jalanan kota Singapore. Gini ney bentuknya.


Btw, di Vivo City ini juga ada Giant loh, haha. Aku sempat berbelanja di Giant ini. Lokasinya di bagian paling dasar Vivo City.

Setelah muter-muter gak jelas di Vivo City, sang suami nelpon kalo dia sudah check in di hotel. Suami minta aku langsung ke hotel ajah naik taxi, soalnya kalo jemput ke Vivo dia jadinya bolak-balik. Yawda lah, aku catat alamat hotelnya dan aku kasih ke supir taxi. Enaknya taxi di Singapore tuh gak bakalan kesasar dech kita. Soalnya kalo dia gak tahu posisi alamat yang kita tuju, maka si supir akan memasukkan alamat ke GPS di mobil taxi nya dan ngikutin petunjuk arah d GPS. Sampailah daku dengan selamat di hotel. Selama di Singapore kami menginap di MIRAMAR HOTEL, havelock road. Ada websitenya kok.


Ini tampilan hotelnya tampak depan. Oiya, tepat di depan hotel ini ada halte bus loh. Jadi kalian bisa jalan-jalan muteri Singapore naik bus. Pake ez-link ajah biar gampang.


Ini gambar kamar kami via website MIRAMAR HOTEL. Kita bandingkan ya sama real pic kondisi kamar aslinya kayak gimana.


Kondisinya sama seperti di websitenya, cuma gak ada vas bunganya ajah sich, haha. Harga kamar ini kalo gak salah 149 SGD/night, kami menginap selama 3 malam di sini. Mungkin untuk price lebih jelasnya bisa dilihat di websitenya kali ya. Fasilitas di hotel ini lumayan lengkap kok. Ada swimming pool, fitness room, spa, apalagi ya? Skali lagi cek websitenya sajo ya? hehe. Selama kita menginap di sini, kami dapat free breakfast, standar lah ya? Buffet gitu. Banyak pilihan makanannya tapi sayangnya seingatku gak dikasih tanda mana yang mengandung b*b* sama yang gak. Biasanya kan di hotel-hotel dikasih gambar tuh buat penanda.

Kalo malam, aku sama suami biasanya pake layanan room service untuk makan soalnya suami dah capek banget kerja jadi gak mau di ajak jalan-jalan. Yawes lah. Di buku menu yang disediakan di tiap-tiap kamar malah ada keterangan di makanannya. Jadi yang mengandung b*b* dikasih gambar. Terasa lebih nyaman kalo gini buat aku. Ada 3 makanan yang pernah aku order selama menginap di hotel ini. Ini ney gambarnya. Jangan ngeces ya? hehe.


Aduh, kok gambarnya miring ya? Maap ya pemirsa, yang punya blog rada gaptek jadi maklumi saja ya? Menu ini namanya Australian Lamb Chops, harganya 35.35 SGD. Enak pake banget. Bumbunya bener-bener meresap sampai ke bagian dalam daging. Hmm jadi laper. Kok malah aku sendiri yang ngeces.


Kalo yang ini namanya Norwegian Salmon Steak, harganya 30.60 SGD. Aku tuh pecinta salmon. Dalam seminggu kalo gak makan salmon rasanya sedih banget, lebay ya? Oleh karena itu waktu aku lihat di menu ada sajian salmon, langsung order dech. Dagingnya matang merata bagus,  berwarna pink sempurna tapi wortelnya agak keras. Alah udah kayak juri masterchef aku. Kalo rotinya tuh kayak batu, keras banget. Tapi memang orang eropa suka roti yang keras, beda ma aku yang sukanya roti lembut.

Sebenarnya ada 1 lagi menu yang pernah aku order bahkan sampe 2 kali karena saking aku sukanya. Namanya Nasi Goreng Istimewa. Yup di menu memang tulisannya gitu kok. Sajiannya berisi nasi goreng dengan telur mata sapi di atasnya, dilengkapi dengan ayam goreng dan sate 3 tusuk, tak lupa sambalnya. Aku orang Indonesia tulen jadi kalo gak makan nasi rasanya hampa, haha. Harga sajian ini 20.05 SGD. Paling murah di antara yang pernah aku pesan tapi paling aku suka. Sayang gak sempat foto soalnya dah laper banget waktu itu, hihi.

Nah, udah slese dech ceritaku. Minggu pagi kami balik ke Batam dengan first ferry again soalnya suami masih ada urusan di kantor Batam. As usual, daku disuruh naik taksi sendirian dari Sekupang ke rumah. Di Batam ney masih banyak taksi yang gak pake argo jadi harganya suka-suka si supir. Sebenarnya aku lebih suka naik blue bird karena ada argonya jelas, supirnya ramah, rapi, berseragam dan kalo bawa mobil alus. Kalo taksi gak pake argo tuh haduh gimana ya? Kadang suka nyalain musik disco kenceng banget, even aku pernah dapat pengalaman naik taksi tanpa argo di Batam, dia bawa istri ama anaknya loh. Serius ney. Kacau dah pokoknya.  Oleh karena itu mending naik taksi argo ajah, lebih nyaman.

Okay good people, semoga tulisanku bermanfaat ya ;)

65 komentar:

  1. Di batam ada bluebird gk mbak? Rencana pengen jln2 ke sing lwt batamnih

    BalasHapus
  2. Ada.. ini no blue bird batam 0778 421234

    BalasHapus
  3. waah..pas banget ni lagi cari info nyebrang dari Batam ke Singapore,salam kenal mba..
    insyaAllah mulai bulan depan saya jadi penghuni Batam juga ni,ikut suami kerja,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbk aretha... salam kenal btw msh stay di batam ya?
      Mo ty yg jual hp murah itu tipu2 ngk sih alamatnya di batam, mandiri celular,komplek ruko mega legenda batam centre, tq

      Hapus
    2. tipu tipu bu

      Hapus
  4. Wah salam kenal juga :)
    Welcome to Batam :D

    BalasHapus
  5. Sangat informatif sekali artikelnya,, terima kasih

    BalasHapus
  6. mbak cari taxi di harbourtfront dimana ya lokasinya, kita keluar lewat vivo mall atau gak ?

    BalasHapus
  7. Km keluar ajah dari pintu food court belok kiri ke arah parkiran nanti disitu banyak taksi kok :)

    BalasHapus
  8. Mba tanya itu harga batamfast nya pp 283 ribu apa 283 ribu one way? Kalau pp saya boleh tau belinya dimana? Rencana besok akan ke batam dan mau ke sg :)

    BalasHapus
  9. PP tapi saya sarankan beli tiket PP yang all in saja biar gak repot nyiapin duit buat tax. Bisa dibeli di agen travel atau kalo kamu ke batam lewat bandara disana juga banyak yang nawarin tiket.

    BalasHapus
  10. Hi boleh minta nomor telfon dan alamat agen travel nya ga? Soalnya saya besok mau ke sg dari batam center. Makasih banyak sebelumnya :)

    BalasHapus
  11. Maaf sebelumnya krn kebetulan saya gak save no telp agent tiketnya, lokasinya dpn nagoya hill.

    BalasHapus
  12. Untuk paket tour singapore batam dan bali kami menyediakan juga dan kalau tiket ferry kami menyediakan juga

    BalasHapus
  13. Untuk paket tour singapore batam dan bali kami menyediakan juga dan kalau tiket ferry kami menyediakan juga

    BalasHapus
  14. bagus sekali infonya, mau tanya, mba dengan suami komunikasi pake kartu seluler apa? apakah bisa menggunakan kartu Telkomsel untuk komunikasi disana? terimakasih

    BalasHapus
  15. Bisa.. kami menggunakan telkomsel (simpati dan halo) selama disana..

    BalasHapus
  16. Rencana sekeluarga (5 org) the mau ke Singapore lwt Batam. Apa bs taksi di Batam membuat 5 penumpang?Atau ada taksi yg unit ya Avanza/xenia gitu?

    BalasHapus
  17. Rencana sekeluarga (5 org) the mau ke Singapore lwt Batam. Apa bs taksi di Batam membuat 5 penumpang?Atau ada taksi yg unit ya Avanza/xenia gitu?

    BalasHapus
  18. Kalo taksi gelap mungkin bisa.. setau saya gak ada taxi avanza disini..

    BalasHapus
  19. hai mba...salam kenal. numpang tanya ya. kalo lewat batam ke singapore tetep pake paspor ya? rencana mau ke batam...trus mampir 1 hari di singapore tanpa nginap disana. apa tetep mesti bawa paspor? gmn kalo bayi...apa perlu juga. maaf banyak tanya ya mba :)

    BalasHapus
  20. hai mb..salam kenal kalo cuma 1 hari di spore via batam pergi pagi balik batam sore.destinasi yang mudah dijangkau yang mana ya..makasih

    BalasHapus
  21. Universal studio, merlion, bugis, orchad.. bisa minta map mrt kok disana :)

    BalasHapus
  22. mbak klo dari spore ke batam, beli tiket ferrynya dmn.

    BalasHapus
  23. hai mbak, mau nanya nih.. waktu mba ke spore beli tiket ferry nya online atau dateng ke tempat travel agent? dimana ya mbak belinya? saya sama keluarga rencananya mau ke spore lewat batam soalnya.. makasih

    BalasHapus
  24. Beli di travel agent kalo gk salah namanya pagimalam, di daerah nagoya lokasinya.

    BalasHapus
  25. Mbak kita rencana dr SG ke batam naik ferry. Brp lama ya? Mau lanjut naik bandara di batam

    BalasHapus
  26. Maaf Mbak mau nanya, bisa kah kita membawa barang belanjaan banyak dari Singapura sewaktu pulang naik feri ke Batam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak asal setiap barang tidak boleh lebih dari 2, dan harus ada stempel free duty. Kalo nggak salah belanjanya diatas $250 dollar ada pajak gitu.

      Hapus
  27. Hai roste.. lama perjalanan ferry sin-batam sekitar 1 jam

    Hai edoe.. mav saya krg tw klo mngenai aturan barang belanjaan

    BalasHapus
  28. Assalammualaikum mba.. Pas bgt nih abs lebaran mau ke sg infonya berguna skali. Btw mba mau tnya dr Batam adakah ferry nyebrang ke malaysia?? Boleh infonya ya.. Thanx..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam.. setahu saya ada dr batam ke johor kalo tdk salah.. maaf detailnya lupa tp ada kok :D

      Hapus
  29. Permisi Mba mau tanya ferry yang paling pagi he singapore jam berapa ya Mba? Kalo ke Universal studio berapa lama ya dari harbour front. Ma kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo g salah jam 6 pagi. Nanti sampai d harbourfront langsung k vivo mall (itu sebelahan kok), d vivo mall itu nanti bisa ke lantai atas untuk naik skytrain k sentosa. Cepet bgt cm brp menit ajah.

      Hapus
  30. Mba n mas smua,,saya siap bantu everything d batam,,,boleh call/WA /sms 081277006661 thx jger

    BalasHapus
  31. Mba n mas smua,,saya siap bantu everything d batam,,,boleh call/WA /sms 081277006661 thx jger

    BalasHapus
  32. Mba n mas smua,,saya siap bantu everything d batam,,,boleh call/WA /sms 081277006661 thx jger

    BalasHapus
  33. Mba n mas smua,,saya siap bantu everything d batam,,,boleh call/WA /sms 081277006661 thx jger

    BalasHapus
  34. mba, mau tanya. apakah ada kapal dari singapore ke batam tgl 2 januari 2017 nnti? soalnya saya check tiketnya blm ada. Tahun2 kemarin ada gak yah tiketnya mba pas old & new?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mav saya krg tw mgkn bisa dicek di website ferry masing-masing..

      Hapus
    2. Harusnya ada, hanya aja takut sering penuh, tapi masih bisa pilih jamnya, karena ferrynya cukup banyak..... awal tahun 2016 kami juga naik ferry dari Sing ke Batam.... Tentukan dulu jam berangkatnya...

      Hapus
  35. mbak mau tanya.....rencana januari 2017 kami ke sngpro pulang lewat batam, apakah tiket ferry singapore batam harus udh punya sebelum brkt ke singapore ato bgmn ya....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiket bisa dibeli di pelabuhan tapi harga lebih mahal..

      Hapus
  36. Bagi yang perlu tiket boleh ke www.nanggroetravel.com

    BalasHapus
  37. Mbk mau tanya, di imigrasi singapur prosesnya ribet nggk, pake bhs apa

    BalasHapus
  38. Mbk mau tanya, di imigrasi singapur prosesnya ribet nggk, pake bhs apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ribet kok.. cepet.. mereka bisa bhs inggris dan melayu..

      Hapus
  39. Ceritanya bagus, yang baca jadi ikutan terbawa. Saya yakin sangat bermanfaat bagi banyak orang. Terima kasih.

    BalasHapus
  40. Klo dari batam ke singapore selain pasport apa lagi y mba yg perlu di siapkan visa tw smacamnya perlu gk??,

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum wr wb
    Mba,saya rencana dari singapura ke Batam.artinya beli tiket one way.
    Kira2 berapa mbak ya? Dan dmna beli yg murah klo dispore.

    BalasHapus
  42. Waalaikumsalam..
    Maaf saya tidak pernah beli one way dari singapore jadi kurang tau..

    BalasHapus
  43. Mbak mau tanya kalo cuman 1 hari aj di singapore trus mengisi kartu inigrasinya bagaimana?trus alamat yg diisi apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PP kah maksudnya? Tulis ajah di sin tujuannya kemana misal merlion.

      Hapus
  44. Kak kalo mau nginap di sg,beli tiket nya bisa langsung pp apa beli pergi nya aj trus pulang ny beli di sg ?

    BalasHapus
  45. Mba saya mau nanya, kalau dari ussg ke harbour frony buat nyebrang ke Batam kita" rute biaya dan waktu tempuhnya berapa lama ya mba? Saya ada rencana mau ke Batam . Jadi kapal ferry nya jam 21 dari harvour front. Saya harus keluar dari uss jam berapa ya mba biar aman? Makasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deket banget. Dari universal studio naik sky train klo g salah cm $s4 turun di lantai paling atas vivo mall. Sampai di vivo mall tinggal turun ke bawah. Sebelah vivo mall sudah harbour front tinggal jalan ajah. amannya 2 jam sebelumnya udah keluar karena kadang imigrasi antri banget.

      Hapus
  46. mba mau tanya dong kalo saya berangkat dari batam naik Ferry, tapi pulangnya naik pesawat singapore - Jakarta bisa kan yah?, atau harus balik lagi kebatam? makasih mba
    saya sudah terlanjuur beli tiket Singapore - Jakarta

    BalasHapus
  47. Mbak mau nanya saya di singapore menginap di miramar hotel dan berencana jalan jalan ke garden by the bay ,sea aquarium, merlion park dan orchard road. Dari depan hotel ada halte bus. Apakah bus nya bisa mengantar menuju ke lokasi tsb? Biaya nya brp ya? Cara bayar pake ez-link nya seperti apa? Terimakasih

    BalasHapus
  48. Mba, loket ferry di bandara batam buka sampai tutup nya jam berapa ya?

    Lebih murah beli di pelabuhan/bandara?

    BalasHapus