Jumat, 13 Maret 2015

Story Perjalanan Skincare Aku, Dari POND'S hingga SK-II

Siapa sich wanita yang gak pingin punya kulit wajah yang mulus tanpa noda, tanpa jerawat, flawless ala artis-artis korea, glowing. Ah, aku rasa hampir semua wanita mengidamkan kulit sesempurna mungkin. Aku pun juga seperti itu. Oleh karena itu bisa dibilang aku sudah mengalami petualangan panjang dalam hal skincare, mulai dari yang mudah dijumpai di pasaran, klinik kecantikan, hingga produk yang berbahan alami. Akhirnya aku memutuskan untuk membuat tulisan ini agar ladies bisa mempertimbangkan produk apa yang sebaiknya  ladies gunakan untuk merawat aset berharga wanita.


Sebagai konsumen kita harus jeli dalam memilih produk, harus benar-benar paham apakah produk itu aman bagi kita. Jangan hanya karena ingin punya wajah mulus, kita bisa pakai krim apa ajah yang gajebo apalagi semakin maraknya krim oplosan yang beredar diluar juga semakin meresahkan kita.

Berikut akan aku ceritakan perjalanan kulit aku, smoga bisa jadi bahan pertimbangan untuk ladies dalam memilih skincare.

1. POND'S
Perjalanan kulit aku dimulai dari POND'S. Ini aku gunakan saat SMA. SMA dulu aku cewek casual rada tomboy, pake celana jeans, t-shirt, rambut potongan pendek di atas bahu, tas slempang, sepatu kets ato sneakers, gak terlalu peduli sama kulit wajah. Asal cuci muka sama pake pelembab ajah dah cukup rasanya buat aku dulu. Beda sama anak SMA zaman sekarang. Jangankan SMA, anak SMP sekarang ajah dah mondar-mandir ke klinik kecantikan loh. O Em Ji, bener-bener beda banget ma anak zaman dulu. Ini ney produk POND'S yang zaman SMA setia menemaniku.


POND'S Facial Foam 
Dulu aku rajin pake facial foam pagi dan malam hari. Itu ajah cukup buatku. Sabun wajah dari POND'S ini busanya banyak, terus setelah diaplikasikan dan dibilas rasanya bersih di wajah, keset, seger dech. 

POND'S Day Cream 
Ini aku pakai pagi hari ajah setelah cuci muka sebagai pelembab. Udah, gitu ajah, gak pake apa-apa lagi. Padahal di Gresik itu kan panas ya? Tapi kulit wajahku dulu ya biasa-biasa ajah, ya gak gosong, ya gak kusem-kusem amat, bahkan banyak yang mengira kalo aku tuh keturunan Asia (Cina, dsb) soalnya wajahku oriental katanya. Duluuu banget tapi itu. Sampe-sampe aku punya fans anak-anak SD loh. Temen-temen sekelas adekku. Jadi klo aku pas jemput adekku sekolah, temen-temennya pada bilang "Putih, Bersih". Haha, anak kecil tuh lucu klo ngomong, masih lugu-lugu gitu.

2. TULL JYE 
Masalah kulitku dimulai dari aku kuliah. Aku memutuskan untuk kuliah di Malang karena aku bosan hidup di daerah panas, pingin ganti suasana. Tapi keputusan itu membuat kulitku berontak dan bermasalah. Beberapa hari aku pindah ke Malang bibirku jadi kering, pecah-pecah, dan kulit wajahku jadi sangat amat kusam sekali. Aku heran kenapa kok bisa gitu ya? Padahal di Malang dingin, lha kok aku malah jadi hitam disini. Aku cerita ke ibukku. Akhirnya ibuk nyuruh aku nyoba pake TULL JYE. Ini dulu lagi happening banget dah. Ibuk dan tanteku pada pake ini dan ada hasilnya, terus aku ingat-ingat teman SMA ku dulu juga ada yang pake ini dan kulitnya bagus, jadi aku memutuskan mencoba. Ini ney gambarnya.


Day cream
Seperti namanya, day cream ini aku pakai pagi hari atau kalo sore mau keluar setelah cucci muka aku oleskan lagi. Krim ini berwarna kuning dan menurutku sich seperti foundation gitu ya. Jadi kulit wajah kita akan tampah lebih putih seketika. Kayak alas bedak gitu lah krim ini.

Night cream
Krim malamnya berwarna putih, standar krim siang krim malam yang beredar di pasaran lah. Lalu, ada efeknya gak pake ini? Beneran ada loh. Kulit wajahku yang semula kusam berubah jadi putih bersih, bekas jerawat hilang, mulus lah pokoknya. Sampe temen kuliahku nanya aku pake perawatan apa? Setelah aku bilang pake TULL JYE, dia ikutan juga dan kulitnya juga jadi putih. Tapi menurutku kok putihnya rada aneh ya pas aku pake ini, putih pucet gitu, gak yang putih seger gitu. Akhirnya petualangan berlanjut.

3. TJE FUK
Tiba-tiba beredar kabar ada krim-krim yang dijual bebas di pasaran mengandung merkuri dan hidrokuinon. Naasnya, TULL JYE disebut-sebut termasuk dalam krim yang dilarang itu. Worry donk, mumet, takut kulitku kenapa-napa akhirnya aku memutuskan ganti ke TJE FUK. Mirip-mirip sich, tapi TJE FUK ini iklannya sering banget wira-wiri menggembar-gemborkan kalo krimnya tidak mengandung merkuri dan hidrokuinon. Ini ney bentuknya.


Whitening Day Cream
Sama seperti TULL JYE, krim pagi dari TJE FUK juga berwarna kuning, ini aku pakai sebagai alas bedak. Hasilnya, ya kurang lebih sama lah. Awalnya aku nggak merasakan perbedaan.

Whitening Night Cream
Krim malam TJE FUK ini ampuh buat ngeringin jerawat loh. Jadi kalo aku muncul jerawat, langsung aku olesi krim malam agak tebal, besoknya jerawat mengempis dan kering. Kalo jerawatnya agak besar butuh waktu beberapa hari tapi pasti mengempis dan kering. Aku dah sering buktiin.

Aku pake TJE FUK ini lumayan lama. Ada beberapa tahun lah tapi aku lupa tepatnya berapa lama. Setelah pemakaian lama aku baru sadar kalo hasil dari TJE FUK ini gak sedahsyat TULL JYE. Kulitku lama-lama juga semakin kusam. Apalagi waktu itu aku ma temen-temen lagi seneng-senengnya berenang. Hampir tiap hari kami berenang. Sepertinya aku butuh skincare lain yang lebih nendang ney. Hehe.

4. THE BODY SHOP VITAMIN C SERIES
Seperti cerita sebelumnya, kulitku makin kusam dan semakin kusam. Terus pas pulang ke rumah, aku liat adekku yang kini memasuki masa remaja sudah mulai memperhatikan kulitnya. Terlihat di rumah beberapa produk TBS Vitamin C, katanya produk ini bisa mencerahkan kulit. Aku tertarik donk untuk mencoba. Ini ney triple Vitamin C yang pernah aku cobain.


Vitamin C Facial Cleansing Polish
Sabun wajah ini seperti krim teksturnya, tapi saat dicampur dengan air menghasilkan busa yang lembut. Setelah diaplikasikan ke wajah dan dibilas, wajah tuh rasanya bersih dan cerah. Aku suka sabun wajah ini.

Vitamin C Microdermabrasion
Dari seri vitamin C, ini yang paling suka. Ini ney istilahnya seperti sabun wajah yang ada butiran scrubnya, tapi scrubnya tuh keciiiillll banget, gak salah kalo namanya microdermabrasion. Dan scrub ini beneran enak banget di wajah. Gak sakit, dan bisa mengangkat sel kulit mati jika digunakan secara teratur. Cukup dipakai seminggu sekali atau paling banyak seminggu 2 kali saja, karena kulit wajah kita gak boleh di scrub tiap hari. LOVE IT pokoknya. Sebenarnya pingin repurchase produk ini, tapi saat ini aku pake merk tertentu dan pingin liat dulu hasilnya dengan pemakain full range tanpa dicampur produk merk lain.

Vitamin C Daily Moisturiser SPF 30
Kalo ini cocok bagi kita yang gak suka ribet karena dalam 1 produk sudah ada pelembab dan sunblock nya. SPF 30 sudah cukup tinggi menurut aku dan cukup untuk melindungi kulit kita dari sengatan matahari. Tapi untuk yang aktifitasnya outdoor sepanjang hari, lebih baik pake yang SPF nya lebih tinggi. SPF 50 itu pas banget.

Sebenarnya produk TBS Vitamin C ini bagus, tapi karena ini terbuat dari bahan alami maka dia akan memberi dampaknya lama. Mungkin beberapa tahun lagi baru kita merasakan kulit kita semakin baik. Saat itu aku gak sabaran orangnya, pingin yang hasilnya langsung keliatan. Akhirnya ganti lagi dech skincare aku.

5. BEAUTY ROSSA
Ini ney, iniiii yang memberikan pengalaman paling berharga selama perjalanan kulit aku. Aku kenal produk ini dari sahabat aku, temen kost. 2 temanku pake ini sebelumnya, dan kulitnya bagus. Putih mulus kenyal glowing gitu. Gak ada noda sama sekali, gak ada jerawat. Cempulna dah. Tertarik donk? Namanya juga cewek. Apalagi harganya juga gak mahal. Pergilah aku ke dokter di klinik Beauty Rossa untuk konsultasi. Biaya daftar cuma 25ribu seingatku, konsultasi free, di awal selalu disuruh detok dulu 200ribu kalo gak salah. Selesai didetok wajah tuh kayak keluar hitam-hitamnya gitu. Katanya itu racun, percaya ajah dech, dokter yang ngomong. Setelah diliat kondisi wajah aku, aku dapat paket standar karena kulit wajahku gak bermasalah, gak ada jerawat. Kurang lebih kayak ini produknya.


Cleansing
Cleansing ini dipakai malam hari saja untuk mengangkat make up dan sisa kotoran di wajah. Cukup dikit ajah dah cukup untuk seluruh wajah dan leher.

Sabun Wajah
Sabun wajah BR ini botolnya gede, isinya cairan seperti sabun pepaya yang dicairkan. Dipakai pagi dan malam hari. Cukup tuang sedikit di telapang tangan, basahi dengan air sampai berbusa terus diaplikasikan ke wajah. Bilas. Hasilnya bersih di wajah, keset.

Lotion
Lotion ini seperti toner. Dipake pagi dan malam hari, cukup 4 tetes saja untuk seluruh wajah dan leher. Dan toner ini ternyata salah satu jurus andalan dari BR. Lotion ini ada tingkatannya, dan aku lupa sudah sampe tingkatan mana. Hehe. 

Top Cream (tidak ada di gambar)
Dokter bilang top cream ini adalah krim anti iritasi, gunanya ya untuk mengatasi atau menghindari iritasi pada kulit kita. Aku iya iya ajah waktu itu disuruh pake ini itu. Percaya ajah sama dokter. Krim ini dipake pagi ajah sebelum krim pagi.

Day Cream
Ini mah standar cream pagi ajah sich, warna kuning, mirip kayak alas bedak gitu. Setelah pake ini terus aplikasikan bedak, kulit jadi flawless dech. Krim ini bisa bikin make up makin nampol di wajah.

Night Cream
Ini juga jurus andalan dari BR. Krim malam BR berwarna putih mutiara. Oleskan tipis ajah di malam hari.

Ini ney cerita dramatis saat aku pake BR. Di awal-awal pemakaian, kulit aku kelupas, panas, merah, perih. Ini berlansung di 2 minggu awal pemakaian. Dokter bilang itu kulit mati yang kelupas. Jadi aku mikirnya berarti kulit matiku banyak banget ya sampe aku kayak ganti kulit gitu. Temanku yang pake barengan ma aku gak ngalami kelupas separah aku, dia emang anaknya uda putih banget sich. Setelah 2 minggu, kulitku sudah terkelupas semua rasanya, uda bersih, gak perih lagi. 1 bulan setelah pakai BR, disuruh balik lagi ke dokter untuk ngecek ada masalah apa nggak. Kebetulan aku gak ada masalah jadi sama dokter cuma disuruh lanjut ajah pemakaiannya. Pas samaan konsul sama aku, ada ibu-ibu yang mukanya merah bentol-bentol, sepertinya dia alergi sama salah satu produk BR dan diberi tindakan suntik anti alergi sama dokternya. Beruntung dech aku gak mengalami itu.

Hari berganti hari, bulan berganti bulan, dan aku masih setia sama BR. Rasanya berakhir disini perjalananku mencari skincare. Kulit wajahku sangat bagus, putih, mulus dan cantik meski tanpa make up selapis pun. Aku PD banget keluar rumah dengan bare face. Setiap pergi facial, terapis selalu tanya aku pake perawatan apa kok kulitnya bagus banget. Pergi ke salon juga selalu ditanya. Hampir tiap aku pergi ke suatu tempat selalu ditanya produk apa yang aku pake. Namun kebahagiaanku seketika berubah jadi duka. Temanku memberi kabar kalo pabrik BR digerebek karena krimnya oplosan dan mengandung bahan yang berbahaya. WHAT? OH NO! Syok aku saat itu, klinik BR sempat tutup. Aku BBM cs nya gak ditanggapi. Horor kan tiba-tiba tahu krim kita bahaya. Setelah aku cek lagi ternyata benar BR tidak terdaftar d BPOM. Itu cambukan keras buat aku. Tanpa pikir panjang aku memutuskan berhenti pake BR. 1,5 tahun aku setia dengan BR tapi harus aku akhiri saat ini juga. (FYI: Saat ini klinik BR masih beroperasi dan pelanggan setianya masih banyak, aku tidak tahu apakah BR sudah mendaftarkan produknya ke BPOM. Bisa di ek sendiri. Jadi, tulisan ini tidak bermaksud menjelekkan dan pembaca bebas memilih skincare yang disuka).
Pengalaman di BR ini benar-benar membuat aku lebih hati-hati memilih produk. Sekarang aku jadi rajin ngecek BPOM dan exp date sebelum membeli produk. Semua ada hikmahnya.

6. THE BODY SHOP
Dari BR, aku lari ke produk yang berbahan dasar alami, ada nomor POM, ada exp date. Pokoknya yang aman untuk kulit dech. Aku memilih menggunakan brand andalanku, THE BODY SHOP. Ada yang bilang jika kita berhenti dari krim dokter maka kita akan mengalami purging. Apakah itu terjadi sama aku? Jawabanya IYA, dan sampai detik ini aku masih purging. ;(

Produk yang aku pakai adalah:
Seaweed


Seaweed Purifying Facial Cleanser
Cleanser ini wangiiiii banget. Bahkan setelah aku bersihin wajah, wanginya masih tertinggal di kulit wajah. Ini suamiku suka banget ma wanginya. Terlepas dari wanginya, cleanser ini bisa mengangkat make up beserta sisa kotoran di wajah kita. Teksturnya lembut agak encer. 

Seaweed Clarifying Toner
Toner ini aku pakai setelah cuci muka. Produk seaweed ini ditujukan untuk kulit normal to oily seperti kulitku. Setelah mengaplikasikan toner ini ke seluruh wajah dan leher, kulit langsung kesat, rasanya minyak berlebih di wajah ke angkat semua.

Tea tree

Tea tree oil
Karena aku mengalami purging. Disini maksud purging adalah mucul jerawat-jerawat batu hampir di seluruh wajah aku (efek samping dari berhenti pake krim dokter), aku coba meredakan jerawat itu dengan tea tree oil ini. Hasilnya, jerawat jadi cepat kempes meski tetap akan meninggalkan bekas jerawat. 

Tea tree cool & creamy wash
Sabun wajah ini teksturnya bener-bener seperti krim, tetapi setelah ditambah air dan digosok sampai berbusa lalu disapukan ke wajah sampai bersih, tau gak efeknya seperti apa? Adem seperti mint tapi lebih kayak ngolesin balsem ke wajah. Serius, ini yang aku rasakan. Ini facial wash bener-bener kayak balsem di wajah. Tapi ampuh kok buat ngangkat kotoran di wajah. :) 

Nutriganics Drops Of Youth


Ini adalah pre serum punya TBS. Fungsinya untuk anti aging. Teksturnya cair tidak berwarna dikemas dalam botol lengkap dengan pipetnya. Aku pakai 1-2 tetes pagi dan malam hari. Saat diaplikasikan ke wajah, bener-bener mengencangkan kulit loh. Serius. Jadi, buat yang pingin perawatan anti aging, wajib untuk coba pre serum ini dan buktikan hasilnya.

Moisture White Shiso


Moisture White Shiso Whitening Serum
Setelah menggunakan pre serum dari nutriganics, aku lanjut dengan serum dari seri shiso ini. Dikemas dalam botol pump sehingga memudahkan kita untuk mengatur banyaknya serum yang keluar, tapi kekurangan botol pump adalah saat kita pompa dan sudah tidak keluar isinya, biasanya di dalamnya masih banyak. Huhuhu. Jujur, aku tidak merasakan dampak apa-apa dari serum ini. Tidak seperti nutriganics yang benar-benar nyata berasa kencang di wajah, serum shiso ini tidak ada hasilnya di aku. Not recommended.

Moisture White Shiso Concentrated Target Perfector
Kecewa dengan serum shiso, aku datang ke TBS mencari sesuatu yang lebih nendang. Mbak TBS nyaranin aku pake Moisture White Shiso Concentrated Target Perfector ini. Ujungnya berbentuk roll. Cukup dioleskan pada noda-noda bekas jerawat. Hasilnya? IT WORK. Bener-bener ngefek. Noda bekas jerawat memudar perlahan. Yippyyy.

Moisture White Shiso BB Serum Inside SPF 25 PA +++
Kalo ini aku gunakan pas mau keluar ajah. BB cream ini uda all in one. Ada pelembab, ada foundation, ada SPF nya. Lengkap lah pokoknya. BB cream terkenal akan hasilnya yang flawless dan tidak berat di wajah. Dan itu betul ladies. BB cream ini cuma ad 1 shade tapi dia akan ngeblend dengan warna kulit kita jadi cocok untuk warna kulit apa pun. Banyak yang cocok dengan BB cream ini dan kasih review bagus-bagus. Aku juga kasih jempol buat BB cream ini.

7. SK-II
Puas dengan THE BODY SHOP? Jawabku belum cukup puas. Ini ney gara-gara iklan SK-II sliweran di TV ama youtube. Uda gitu iseng-iseng cari review produk ini, kok hampir semua bilang bagus, kulit wajahnya jadi glowing, bla bla bla. Belum lagi di forum-forum, banyak thread khusus bahas produk ini. Apalagi ini produk mengklaim berbahan dasar alami. Pas dech. Ngiler lah sudah daku, akhirnya lapor ke suami kalo pingin pindah ke SK-II ajah, karena harga dari SK-II kan gak murah kalo buat aku jadi kudu lapor plus ngajuin proposal ke suami. Haha. Alhamdulillah suami iya iya ajah, asal istri senang. Love U dear. Hehe. Belilah aku produk  SK-II secara bertahap sampai akhirnya jadi sebanyak ini.


Khusus untuk SK-II ini, nanti aku akan bahas satu persatu karena produknya ada banyak dan ada step by step nya produk mana dulu lanjut mana terus mana. Ditunggu ajah tulisan aku berikutnya. Saat ini tepat 20 week aku jadi SK-II user. Terus gimana hasilnya? Kulitku uda glowing kayak cece cece? Jawabnya belum dan masih jauh dari itu. Bahkan sampai saat ini aku masih purging, jerawat muncul dimana-mana, 1 kempes dan meninggalkan bekas hitam, muncul lagi 2 di tempat lain. Yah gitu lah nasib.

Tambahan:
Saat aku memutuskan berhenti dari krim dokter klinik Beauty Rossa, aku sempat ingin pindah ke ERHA karena produknya sudah terdaftar di BPOM. Namun, aku berpikir ulang. Karena aku dapat info kalo produk dokter punya resep racikan rahasia yang membuat kulit pasiennya bagus, mulus, tanpa jerawat, tanpa noda. Tapi, kita jadi ketergantungan harus pake krim itu lagi krim itu lagi. Belum lagi penipisan yang kulit kita alami. Belum lagi akumulasi bahan kimia yang terserap oleh tubuh kita. Dan krim-krim ini konon menghambat agar jerawat kita tidak muncul ke permukaan. Alhasil saat kita stop, masalah muncul. Jerawat bermunculan dengan jumlah tak terkendali. Wajah yang mulus berubah menjadi tak ada tempat kosong lagi untuk jerawat. Inilah yang aku alami dan aku sangat menyesal pernah menggunakan krim dokter, karena saat ini akibat yang aku rasakan sungguh sangat menyakitkan dan mengecewakan.

Bagi yang hendak menggunakan krim dokter, yuk pikir ulang lagi. Bagi yang sudah terlanjur, terserah anda. Keputusan anda sekarang yang akan membawa masa depan kulit anda ke arah mana. Be smart Ladies. ;)

99 komentar:

  1. Mba dulu di Malang dpt Tull jye nya drmn? Trs pakai Tull jye warna apa? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tull jye sepertinya bisa didapatkan di apotek atau minimarket secara mudah.Kalo produk lainnya seperti beauty rossa itu yang tidak dijual bebas. Katanya sih itu semacam apotek atau klinik, tapi anehnya kenapa banyak yang jual online ya..

      Hapus
  2. Kalo tull jye aku dapatnya di gresik ay, gak pernah beli di malang. Maaf ay udah lupa dulu pake warna apa, seri yang paling murah kayaknya ay :)

    BalasHapus
  3. Mba ak kn pake br juga, hmpir sm kyk mba lah pengalamanku. Mau ganti ak mba, gapengen br lg. klo menurut mba, kn ak masih 20th produk yg recommend itu tbs atau sk-II? Makasih mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keputusan yang tepat mbak.. Gunakanlah produk skin care yang sudah terdaftar BPOM. Jangan kasi kesempatan oknum-oknum penjual skin care berbahaya untuk mendapatkan keuntungan.

      Hapus
    2. aku juga pernah pake BR, awalnya kulit mulus banget tapi setelah 6 bulan pemakaian komedonya muncul banyak banget, dan akhirnya setelah setahun pake BR aku putuskan untuk berhenti

      Hapus
  4. Pake sk ii aja.. bisa coba paketan yang baru isinya fte 75ml clear lotion 30ml stempower 15g.. cmiiw :)
    usia 20 bisa kok..

    BalasHapus
  5. Sk II tu da krim siang mlm y jg kh?? Hrgy brpa y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada say, paket lengkap juga ada.. Seperti yang kita tahu SKII ini harganya lumayan wow..

      Hapus
  6. Sk II tu da krim siang mlm y jg kh?? Hrgy brpa y

    BalasHapus
  7. Sk II tu da krim siang mlm y jg kh?? Hrgy brpa y

    BalasHapus
  8. Sk ii gk ada krim siang malam saii.. adanya moisturizer (pelembap) dipake siang malam.. untuk masalah harga trgantung produk yg ingin dibeli karna produk sk ii banyak sekali.. :)

    BalasHapus
  9. Sk II beli na dimana.. pas kk beli pertama harga na berapa ka? Makasih

    BalasHapus
  10. Beli d counter sk ii sogo ada.. pertama beli PES 733ribu tp skrg harga uda naik ya.. :)

    BalasHapus
  11. Mba waktu awal pake BR merah dan panas itu di sertai rasa gatal juga tidak? Soalnya aku baru pertama pake cream siangnya itu langsung gatal dan merah, jd galau apa itu memang efek samping nya atau memang tidak cocok, skg tdk aku pakai lg mba soalnya takut:(

    BalasHapus
  12. Saya dulu jg gatal.. tp klo sampe bentol2 lgs k BR ajh untuk ditangani.. saran saya stop ajh BR sblm menyesal sprti kulit wajah saya.. cari produk lain yg jelas bpom nya..

    BalasHapus
  13. mbak...ak 1 taun pake tulljye..cocok temrn temen kantor pada bilang bgs ...trus pada nanya perawatan dimana hehe

    BalasHapus
  14. Itu di TBS nyari sendiri sesuai jenis kulit atau dikasih tau BAnya mbak? Awal beli TBS seharga brp mbak?
    Bingung ih. Kayaknya aku jg harus pake bahan herbal. Stres sama jerawat gak ilang2. Sempet pengen milih melilea, soalnya kan itu dr herbal jg.
    Mohon info

    BalasHapus
  15. Haii denok.. kamu bisa mampir ke outlet TBS dan konsul ke BA nya masalah kulitmu apa.. nanti BA akan nyaranin produk yang tepat dengan permasalahanmu.. kalo jerawat pake yang seri tea tree.. untuk harga kamu bisa cek di thebodyshop.co.id atau mampir ke outlet TBS
    Saran pribadi dari aku, coba kamu pake glamglow supermud.. itu ampuh banget buat ngempesin jerawat :)

    BalasHapus
  16. Hallo ka salam kenal
    aku juga baru review skii nih..
    kepikiran cuma untuk cuci mukanya aja
    karna slama ini pakai sabun bayi
    sama nano spray dkk aja..
    tapi gada untuk cuci mukanya..
    nah untuk itu di skii yg mana ya ka cuci mukanya gitu ?
    Masi bingung nih takut salah beli..
    makasi infonya yaaah

    BalasHapus
  17. Facial treatment gentle cleanser itu sabun cuci muka dr sk ii :)

    BalasHapus
  18. Hai kak fazarani, saya mau tanya, untuk proses purging itu berapa lama ya ?
    Begini ceritanya saya kan dulu pakai produk dokter juga kira2 ada 1 tahunan waktu saya pakai produk dokter kulit muka saya bersih tanpa jerawat dan kulit muka saya yang kering jadi lebih lembab tapi suatu hari tepatnya 3 bulan yang lalu saya baca artikel yang mengabarkan bahwa cream siang dan malam kebanyakan menganduk mercury dan bla bla bla yang membahayakan kulit gitu jadi akhirnya saya mulai beralih ke produk yang lebih ramah yang terbuat dr bahan alami dan pilihan saya ke skII, karena saya baca dari feedback pengguna produk tsb ngk ada yang jelek, semua hasilnya bagus. Jadi saya tergiur dan akhirnya saya beli satu paketnya, lalu sudah 2 mingguan saya pakai awalnya sich biasa aja tp sekarang kulit muka di dekat bibir dan hidung ada segerombol kayam jerawat batu gitu klo dr jauh sich ngk kelihatan tp klo dr jarak dekat banget kelihatan kak. Apa ini yang namanya purging ? Lalu klo purging biasanya berapa lama ya menurut pengalaman kak fazarani cantik ? Terus sebaiknya bagaimana supaya kulit saya tertolong sedini mungkin. Terus ini mau tanya pendapat kakak, skrng kan saya masih pakai produk skII Yang facial treatment itu apakah bisa diteursin pakai atau dihentikan dulu ? Balas ya kak. Terima kasih

    BalasHapus
  19. Haii ely.. lama purging beda2 tiap orang tergantung seberapa banyak racun di kulitnya.. ada yang dalam hitungan bulan tapi yang 2th juga ada.. selama 1 bulan pertama ini kamu pake yang basic ajah dulu.. untuk jerawat purgingnya tiap hari di totol glamglow supermud biar cepet kempes..

    BalasHapus
  20. anyway beli glamglow supermud nya dimana Mbak?? itu masker yaa?
    Thanks

    BalasHapus
  21. Bisa beli di glamglowmud.co.id atau banyak juga ol shop yang jual. Iya itu masker

    BalasHapus
  22. Kalo ke dokter biasanya memang begitu disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing, pasien juga tidak pernah tau kandungan apa yang terdapat didalamnya. Emang krim malam yang bagus sebaiknya produk yang sudah terdaftar BPOM saja lebih aman untuk kesehatan.

    BalasHapus
  23. untuk rahasia kulit mulus dan halus KLIK

    BalasHapus
  24. Mbk ini aku uda pakek skii hampir satu minggu. Tp kok wajah aku gak purhing ya? Padahal kalau baca testimoni orang orng banyk yang mengalami purging. Tapi wajah aku gak muncul jerawat sama sekali, cuman kelihatan kusamm agak gelap. Apa ini jg trmasuk purging??
    Dulu sebelum mencoba skii FTE. Aku pakai cream biasa (w**dh). Dan tdk pernah sama sekali memakai cream dokter.
    Gimana menurut komentarnya mbk?

    Terus apakah boleh kalau malam hari memakai FTE kemudian di lanjut dengan cream malam dr produk lain yg biasanya saya pakai?

    BalasHapus
  25. Mbk ini aku uda pakek skii hampir satu minggu. Tp kok wajah aku gak purhing ya? Padahal kalau baca testimoni orang orng banyk yang mengalami purging. Tapi wajah aku gak muncul jerawat sama sekali, cuman kelihatan kusamm agak gelap. Apa ini jg trmasuk purging??
    Dulu sebelum mencoba skii FTE. Aku pakai cream biasa (w**dh). Dan tdk pernah sama sekali memakai cream dokter.
    Gimana menurut komentarnya mbk?

    Terus apakah boleh kalau malam hari memakai FTE kemudian di lanjut dengan cream malam dr produk lain yg biasanya saya pakai?

    BalasHapus
  26. Tidak selalu harus purging kok.. kalo sebelumnya gak pernah pake krim dokter maka wajar kalo gak purging..
    Boleh kok combine fte dengan produk lain, saya pun krim malam skrg pake produk lain :)

    BalasHapus
  27. Sist sudah pernah coba Lamour skincare belum?
    Di Coba deh sist, hasilnya bagus tidak ketergantungan, sudah ijin BPOM, sertifikat HALAL dan Uji Lab Sucofindo produk BEBAS dari bahan kimia yang berbahaya, no Mercury dan Hydroquinon.

    Untuk Konsultasi dan Pemesanan hubungi
    Tristine Lamour Skincare Expert
    Hp/wa : 0896-6340-8841
    Pin bb : 59FDCCF1
    Facebook : Tristine Agen Lamour
    https://www.tokopedia.com/tristineshop

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Yang pasti yang saya alami dan banyak wanita diluar sana adalah wajah langsung muncul jerawat plus jadi kusam stlh berhenti. Sblm saya pake dokter wajah saya mulus tanpa jerawat. Skrg sdh hampir 2th lepas dokter dan rawat dg skincare alami masih juga ngeluarin jerawat. So, pernah pake krim dokter adalah penyesalan trbesar seumur hidup saya :)

    BalasHapus
  30. Pas pake tull jye,pake sabun muka apa yah?

    BalasHapus
  31. mbak saya sudah hampir 2 bln pake tea tree series TBS , tapi muka masih keluar jerawat nya .. dulu setelah pemakaian 1 bulan muncul jerawat parah banget ..tp sekarang sdh berangsur membaik .. tp ttp muncul jerawat .. apa itu tandanya ga cocok ya ? ?

    BalasHapus
  32. Dicoba ajah dulu produknya satu persatu untuk tau mana yang bikin jerawatan..

    BalasHapus
  33. Mba,sy pake tbs dan sedang purging. Untuk bedak taburnya sy belum pake yg dari tbs. Sebaiknya pake bedak apa ya mba? Kmrn sy coba pake bedak bayi compact merk pigeon. Mendingan bedak bayi compact pigeon atau loose powder pigion ya mba? Kmrn beauty consultant nya menyarankan 2 itu.oiya mba, pengaplikasian drops of youth sama tea tree oil duluan yg mana ya mba. Sukak bingung. Trmksh mbaa

    BalasHapus
  34. Saya dulu pake tbs all in one face base. Tapi kalo lagi purging pake bedak yang ringan ajah. Kebetulan saya gak pernah pake pigeon jadi mav ya gak bisa bantu pilih. Pake drops of youth dulu karena dia pre-serum baru pake tea tree oil totol di jerawat ajah..

    BalasHapus
  35. okay mbak .. saya coba untuk ga pakai tonernya dulu ..terima kasih sarannya

    BalasHapus
  36. Maaf mbk salam kenal....setelah mendapatkan info..BR sekarang kan udah punya BPOM mbak gmana itu? Lebih baik pakai SKII atau TBS...mkasih

    BalasHapus
  37. Ya saya jg dengar kabar itu tapi kmrn tmn saya curhat kalo wajahnya rusak pake BR, saya tanya bukannya uda ada BPOM skrg? Setelah dia cek ternyata cuma cleansingnya doank yang ada BPOM nya. Tapi saya kurang tau kalo sekarang apa semua sudah ada BPOM nya jadi mohon dicek per krim dan cocokin di web BPOM. SKII dan TBS sama2 bagus tergantung budget ajah karena harga SK-II jauh lebih mahal :)

    BalasHapus
  38. salam kenal mbak fazarani. wktu dl mau beli produk SKII konsult dl ga supaya tahu jenis kulitnya, trs konsult dikenakan biaya brp mbak?

    BalasHapus
  39. Iya saya konsul dulu tapi lewat telpon karena saya di batam dan nitip ibu saya untuk belikan di sby.. tidak ada biaya untuk konsul..

    BalasHapus
  40. seneng banget baca blog inii :)

    BalasHapus
  41. Kak aku kn pake BR tp muka aku panas plus gatel di awal. Muka juga jadi kemerahan dan nglupas giti kulitku. Awalnya aku pake obat dr dokter kulitku (konsul ke RS langsung) itu jerawatku pada kluar semua. Tp cream dr dokterku enak ga bkin merah ga nglupas sama ga gatel tp kalo pemakaian berhenti jerawat balik lg. Sebaiknya aku ttp ke cream dokterku apa BR ya mb

    BalasHapus
  42. Kalo saran dari saya pribadi pasti gak pake keduanya karena krim dokter dan BR sama2 bikin ketergantungan. Tapi balik lagi ke pilihan masing2 ya :)

    BalasHapus
  43. salam kenal mbk. muka saya itu rada kusam dan di dahi itu ada bruntusan kecil" gitu ga ilang". jadi ngerasa ga PD aja kalo mau kemana mana. kira" produk apa ya yg cocok spy si wajah itu kliatan bersih , glowing dan bruntusannya ilang.
    trims. ;;)

    BalasHapus
  44. Coba pake emk serum, emk supra night cream, dan emk stemcell

    BalasHapus
  45. Purging memang bikin penyesalan...mengapa dulu pakai kosmetika berbahan kimia..Tapi purging bisa diatasi dengan CEPAT setelah saya memakai produk sabun alami. Sabun ini Tidak mengandung bahan kimia sintetik dan bebas detergen. Kandungannya minyak zaitun dan minyak wijen yang bermanfaat untuk proses detoksifikasi. Alhamdulilah..akhirnya bebas purging dan sekarang kulit jadi lebih SEHAT tanpa kosmetika kimia...

    BalasHapus
  46. JAFRA juga bgua mba.. tapi saya baru nyoba.. sempet galau sama produknya SKII sama sama alami beda negara asal.. 😂😂

    BalasHapus
  47. Wah bagus ya? Tapi ini muka lagi breakout parah gara2 kmrn centil nyoba ini itu jadinya mau dibenerin dulu :D

    BalasHapus
  48. Dulu saya juga pernah pakai cream gajebo (kuning putih) selama 1th, awal pemakaian emang panas dan merah2 di wajah, lalu setelah 1mg hasilnya emang bagus banget, tapi setelah tau kalau itu berbahaya, saya langsung stop semua pemakaian cream spt itu. Dan bounding selama 3th, jerawat penuh semuka dan hitam dan sekarang udah bersih jerawat cuma emang wajah tambah gelap, huhu sedih. Nggak lagi juga mba pake cream gt an. Salam kenal mba fazarani :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga.. hmm sama nih, aku udah hampir 2th lepas krim dokter tapi beruntus, jerawat, dan kusam masih ogah pergi dari wajahku. Harus ekstra sabar lagi nih :)

      Hapus
  49. Dear mb fazarani...sblmya saya pake meilea..memang sih flex jg gak ilang2 cmn kulit bersih aja..udh 2 thnan...trs skrg pake BR..nah ini dua hr pake..gatel gatel..kulit putih mlh jd kusam item..gmn ya mnrt mb?

    BalasHapus
  50. Stop BR mumpung blm terlambat. Tmn saya bbrp wktu lalu curhat kalo kulitnya rusak pake BR.

    BalasHapus
  51. Hi sist jika berkenan bolehkah share foto fte asli yg beli di counter, tanggal Expired dan mfg date serta foto depan belakang botol serta tutup nya. Soalnya di tempat saya ga ad counternya jadi beli ol takut palsu. Direct message ke saya @maishoppu or add line Saya @NGL0336i pake @ ya. Terima kasih

    BalasHapus
  52. Instagram saya @maishoppu

    Trus klo bole tau ini Expired date nya pake tempelan kertas apa gmn ya? Saya ga berani pake punya saya ni. Nunggu info dr sist. Karena saya beli lebih murah 50an rb dr counter. Makasiii

    BalasHapus
  53. hai, salam kenal mbk fazarani
    ada saran untuk wajah yg ada flek hitam yg sudah bbrp tahun
    produk apa yg aman dan ampuh, thanks sebelumnya

    BalasHapus
  54. hai, salam kenal mbk fazarani
    ada saran untuk wajah yg ada flek hitam yg sudah bbrp tahun
    produk apa yg aman dan ampuh, thanks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling ampuh dengan laser. Kalo produk bisa coba sk ii genoptics spots essence dan whitening spots specialist concentrate.

      Hapus
  55. iyaaaa.... aku pake *rha cepet bgd kinclongnya... tapi urat biru diwajah jadi kelihatan... sereeem

    BalasHapus
  56. Baca reviewnya mba farazani bikin makin mantep beli sk2 fte,kl cocok mau koleksi sk2 secara udh kepala 3 jd kudu sayang ama muka,rela gak fashionable dulu dipending shopping ini itu,demi beli rangkaian sk2 biar makin glowing ..

    BalasHapus
  57. Seru bgt reviewny, kalo aku dr thun 2012 setia sm skincare korea, overall muka ku biasa aja, cuma krna seneng aja coba merk ini itu, alhasil nyampe ke wajah biasa aja, terakhir aku make aneka merek snail cream dan rasany enak plus adem di wajah.
    Nah, sma kayak mba fazarani, gegara baca berbagai review ttg sk ii, akhirnya aku juga ikutan mw coba, sekitar seminggu sebelum ramadhan ini, taunya udah 3 minggu pake mukaku mulai ada jerawat, n jerawatny ga muncul ke permukaan, malah diem didalam trus ilang aja sama ninggalin jejak. Trus kulit mukaku kering banget,,, bener2 kasar kayak ada kulit terkelupas, diiringi kulit mulai menggelap n kusam.
    Serasa mau nangis, kebayang bakal punya wajah glowing buat lebaran, dapetny purging...
    Ada rekomen ga mba bagusnya pake apa? :'(

    BalasHapus
  58. mbak... mau tanya ini,,,aq dah pernah pake sk 2 n sekrang br.... bgus si diwajah, cuman kalo ada embel2 skincare korea hati nak ingin beliiiii. misal br di campur pemakaiannya pake serum atau fte skincare gmn ya? pernah nyobain g mbak???? kalo iya, share yaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sdh stop br 2th.. kandungan br dan sk ii akan bentrok jd g saya sarankan penggunaan kduanya dlm wktu bersamaan..

      Hapus
  59. hai mba fazarani...gini loh,setaun terakhir ini aq ga pernah pake cream perawatan apa2 karna hamil dan menyusui,alhasil sekarang ini muka kusam bgt udah gt jdi agak gelap :( ada temen sih yg referensiin TUL JYE & TJE FUK tp bingung karna banyak komen2 yg kurang bagus di ending nya...nah looh tambah bingung pas baca diatas banyak produk bagus jg kaya SK II :(

    BalasHapus
  60. Wahhh ketinggalan donk, aku baru aja pake br. Emang dari dulu aku takut nyoba cream cream siang malam,takut mercury itu td. Tp yg br ini aku tergiur karna temen yg pake tuh bidan dan dia udah nyoba sendiri ga ada keluhan apapun juga dianya kelihatan cantik banget 😣 yaudah deh aku beli. Dan sekaraaaaaang akhirnya beneran nyesel, flek aku hilang yg bulet bulet beberapa titik tapiii aku berhenti pakai seminggu karna takut terlalu putih alhasil lah kok tiba-tiba ada beberapa flek muncul malah lebih banyak 😥 aku pengen stop sekarang juga tp takut fleknya tambah jelas. Gimana ya enaknya 😕

    BalasHapus
  61. Wahhh ketinggalan donk, aku baru aja pake br. Emang dari dulu aku takut nyoba cream cream siang malam,takut mercury itu td. Tp yg br ini aku tergiur karna temen yg pake tuh bidan dan dia udah nyoba sendiri ga ada keluhan apapun juga dianya kelihatan cantik banget 😣 yaudah deh aku beli. Dan sekaraaaaaang akhirnya beneran nyesel, flek aku hilang yg bulet bulet beberapa titik tapiii aku berhenti pakai seminggu karna takut terlalu putih alhasil lah kok tiba-tiba ada beberapa flek muncul malah lebih banyak 😥 aku pengen stop sekarang juga tp takut fleknya tambah jelas. Gimana ya enaknya 😕

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo pake BR mmg bakal putih bgt wajah.. saran saya stop nya perlahan ajah jangan langsung berhenti total.. krn kalo brhenti total wajah lgs rusak spt yg saya alami..

      Hapus
  62. Haloo semua salam kenal.. aku Kristella dr kalbar. Aku juga kayaknya bermaslah dgn kulit wajah yg menipis akhirnya terlihat urat2 di wajah.
    Ceritanya karna dlu pernah pakai cream racikan (saat itu lg booming) tp gak ada namanya. Mmg bagus sih gunakannya, cm hasilnya ya gitu, kulit wajah jd tipis. Kmudian aku kembali lg gunakan ponds flawless white, tp kayaknya tetap kusam deh, terus gonta ganti pake garnier, jg wardah tp gak ada perubahan. Nah baru beberapa hr ini aku mau coba pakai tulljye yg kemasan baru. Cream A (siang) dipake sih rasanya enak aja, cm cream B (malam) kok dipake terasa panas ya? Ada yg punya pengalaman menggunakan tulljye. Tp katanya lagi, tulljye baru gak mengandung merkuri. Benar gak ya? Senang bisa berbagi cerita��

    BalasHapus
  63. Hallo mba saya baru2 ini stop dari pemakaian temulawak saya dulu pas smp jerawtan sekali dan sekrang sama sma mukanya udah lumayan lah semenjak pake temulawak. Setelah saya tau kalo cream temulawak beerkuri saya berhenti dalam pemakainnya jadi saya sekarang tidak pakai apapun. Tetapi saya mau menghilangkan bekas jerawat saya yang masih ada dan muka saya yang merah2 akibat cream tersebut. Sebaiknya saya menggunakan pelembab atau cream aba yg baik untuk anak sma seusua saya 16 tahun ? Btw muka saya berminyak tetapi jerawat saya tidak banyk hanya beberapa saja. Saya takut pakai sembarangan lagi jadi tolong sarannya yah mba perawatn apa yg perlu saya pakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa coba pakai emk face treatment tiap malam selama seminggu, selanjutnya cukup 1-2x seminggu..

      Hapus
  64. Hallo mbk mau tnya nih kan skrg tulljye ud bpom aq coba pke cream siang trs gada masalah trs aq coba lg beli yg cream mlm nya 2hari pemakaian muka aku lsg keluar bentol2 gatal sprt iritasi masa sih bpom nya abal2 ato mmg kulit aku yg gk cocok pke tulljye mkasih..

    BalasHapus
  65. Hallo mbk mau tnya nih kan skrg tulljye ud bpom aq coba pke cream siang trs gada masalah trs aq coba lg beli yg cream mlm nya 2hari pemakaian muka aku lsg keluar bentol2 gatal sprt iritasi masa sih bpom nya abal2 ato mmg kulit aku yg gk cocok pke tulljye mkasih..

    BalasHapus
  66. Hallo mbk mau tnya nih kan skrg tulljye ud bpom aq coba pke cream siang trs gada masalah trs aq coba lg beli yg cream mlm nya 2hari pemakaian muka aku lsg keluar bentol2 gatal sprt iritasi masa sih bpom nya abal2 ato mmg kulit aku yg gk cocok pke tulljye mkasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek kode bpom yg tertera di kemasan tull jye ke website bpom untuk tahu bpom nya asli apa gak.. kalo iritasi sebaiknya dihentikan..

      Hapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  68. Hallo fazarani,, aku mau minta masukan ni,,muka aku jerawatan parah,,, itu mulai pas aku stop dokter,, sblumnya aku pake dokter jerawatnya gk banyak,, tpi pas off,, muka aku malah tambah banyak jerawatnya... trus aku move ke SK-II ,, pas diawal jerawatnya malah tambah banyak dan meradang gitu,, trus keluar purging,,aku uda takut knpa dgn kulit wajah aku???,, tapi kata BA nya lagi detox,,jadi aku terusin pake SK-II nya,, muka aku emang uda putih dan gk kusam,, tapi blm kinclong masi ada jerawatnya,, karna aku kombinasi juga pake obat jerawat dr ERHA,, Jadi kulit aku agak kering... trus aku di kasih Cream TULL JYE sm tmn aku... kalo aku kombain dengan SK-II kira2 aman gk ya???,,, soalnya dgr2 tull jye ada masalah,, aku jadi takut,, tapi aku uda muak bgt dgn jerawat aku...pengen kombinasi tull jye sm SK-II ,, TUL JYE kan bisa buat jerawat n SK-II buat nyehatin kulit,, kira2 gimana pendapat nya mb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tul jye ada bpom nya maka seharusnya itu aman dipakai. Coba dicek dulu ajah. Kalo udah niat lepas dokter memang harus sabar dg proses purging. Bisa coba sulwhasoo herbal soap, fcas ex, dan herblinic. Ketiga produk diatas ampuh banget buat yg lagi purging. Bahkan menurut saya lebih bagus sulwhasoo drpd skii.

      Hapus
  69. Hampir semua masalah nya sama breakout setelah berhenti skincare aq pernah ngalaminnya setaun kemarin muka ancur penuh dengan jerawat setelah berhenti pake cream skincare alhasil jerawat susah di obatin dari pergi ke dokter hingga segala cream jerawat gk ada yg ampuh malah jerawat mkn parah hingga ketemulah dengan cream racikan di apoteker yg super ampuh basmi itu jerawat hingga bener" sembuh total dan yg bagus nya lagi itu cream bener" aman tampa epek samping sedikit pun dan harga nya pun hanya 60 rb pot kecil tapi ajaib bisa menyembuhkan jerawat ku yg super parah kl temen" penasaran dan mau coba bisa hub wa 081322354443 atau invit 52107af7 sy bisa tunjukin poto" sy dari yg jerawat super parah hingga akhir nya sembuh total semoga postingan sy ini bisa membantu anda yg mengalami masalah yg sama dengan saya terima kasih

    BalasHapus
  70. Hampir semua masalah nya sama breakout setelah berhenti skincare aq pernah ngalaminnya setaun kemarin muka ancur penuh dengan jerawat setelah berhenti pake cream skincare alhasil jerawat susah di obatin dari pergi ke dokter hingga segala cream jerawat gk ada yg ampuh malah jerawat mkn parah hingga ketemulah dengan cream racikan di apoteker yg super ampuh basmi itu jerawat hingga bener" sembuh total dan yg bagus nya lagi itu cream bener" aman tampa epek samping sedikit pun dan harga nya pun hanya 60 rb pot kecil tapi ajaib bisa menyembuhkan jerawat ku yg super parah kl temen" penasaran dan mau coba bisa hub wa 081322354443 atau invit 52107af7 sy bisa tunjukin poto" sy dari yg jerawat super parah hingga akhir nya sembuh total semoga postingan sy ini bisa membantu anda yg mengalami masalah yg sama dengan saya terima kasih

    BalasHapus
  71. Kalau tull jye sebenarnya aman gk sich kak. Baca2 review nya katanya kalau sudah gk pakai lagi jadi jerawatan banyak.
    Saya pengen nyoba tapi masih ragu2 sama tull jye.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek kalo ada bpom nya berarti aman..

      Hapus
  72. Mbk aq skrg pkek ms glow tp kok ptihku belang ya ...itu bahaya tdk ya apa aq hrs trusin atau di hentiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicek saja kalo gak ada bpom nya lebih baik stop..

      Hapus
  73. kak, dari sekian banyak produk, pas ganti selalu purging ga? gimana cara bedain itu lagi purging atau ngga cocok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak selalu. Cara u/ tahu nyoba produknya satu2. Kalo terasa panas atau muncul jrwt terus menerus dan gak membaik brrt gak cocok..

      Hapus
  74. ak korban dr BR baru 2 bulan pemakaian berhenti gara2 belum beli..heheh krim malamnya yg habis waktu itu. Dan sekarangnih muka muncul jerawat gede2 sering pindah2 gk jelas..huftt nyesel pake BR

    BalasHapus
  75. Hallo salam kenal....
    Gini say..awalnya disini booming produk belleskin..pindahlah ak dr pond flowles k belleskin..2 minggu pake perih..trs tumbuh "flek hitam" ngebetuk ky kumis..
    stress ak..ada yg tw produk alami yg bs ngilangin flek hitam ??? Mohon share..

    BalasHapus
  76. .mbak fazarani minta pencerahan donk. ini kan aq udh setahun pake BR,lha kapan hari aq coba sulam bedak ato bbglow yg lg booming,eh trnyata mukaku jd kyk kebakar gitu. trus sm salon tmpt sulam td d saranin pake sabunnya theraskin sm aloe vera nya wardah. udh seminggu pake itu muka yg kebakar td udh mendingan,tp skrg jadinya jerawat q muncul d semua area. pdhl sblmnya cm muncul pas siklus musiman. enaknya aq brenti trus pake apa,ato gmna ya???

    BalasHapus
  77. Salam kenal mbak.. Aku juga mbak pernah pakek br dan mungkin aku kurang baca kali yaa.. Krimnya kuning putih lengket gitu.. Dan aku sudah stop, skrg harus ngilangin bekas2 jrewi dan wajahku kuseemmm banget.. Liat kaca rasanya pingin nangis bak gorengan..
    Produk apa ya mbak untuk menghilang kekusaman ku ini mbakk.. Udah coba2 produk lain jga dan sk ii juga masih ajaa kuseemmm..
    Kasih saran mbak

    BalasHapus
  78. Salam kenal mba.... sy juga mau sedikit crta ni mba,awal sy kenal cream sy pakai tje fuk hampir 8 taon sy pakai bgs sih tapi lama2 pipi sy kering sekali lalu sy pun beralih ke BR dan mmng hasilnya memuaskan meski baru memakai 2 mgguanglowing bgt sampe buk sekali yg tanya sy memakai apa, tapi lama2 sy bru tau itu tdk ada bpomnya dan sy pun beralih ke lazeta sempat 1 thn sy memakainya cuma hasilnya tdk instant dan sy coba lagi cri produk yg aman dan ada bpomnya sy pun mencoba produk SK II baru sekitar 1 mggu sy memakainya krn alamai mungkin hrs lebih sabar untuk melihat hasilnya...

    BalasHapus