Rabu, 04 Maret 2015

Jaga Kelembapan Kulitmu dengan Body Lotion atau Body Butter

Ladies, kali ini aku mau bahas mengenai pentingnya kita menjaga kelembapan kulit. Kenapa? Sebenarnya ini berawal dari pengalamanku yang tiba-tiba kulit kakiku menjadi sangat gatal hingga hasrat untuk menggaruk begitu besarnya, garuk sana garuk sini garuk terus akhirnya luka toh kulit? terus muncul hitam-hitam gitu dech. Akhirnya aku bawa ke dokter kulit, sembuh. Beberapa bulan lagi, aku mengalami hal sama. Bawa ke dokter lagi donk, sembuh. Sampai akhirnya aku mengalami hal itu lagi, capek dech! Untuk yang kali ini aku benar-benar sudah capek mesti bolak-balik ke dokter, lalu aku tanya ke dokter secara mendetail kenapa aku mengalami ini berulang kali. Dokter meminta aku untuk tes alergi, hasilnya mencengangkan, aku alergi TELUR, padahal itu makanan yang paling aku suka. Mau digoreng, direbus, diorak-arik, diapain ajah aku suka, tetapi sekarang jadi daftar makanan yang harus aku blacklist. Huhuhu.. Kemudian dokter mengatakan bahwa kulitku tidak boleh dalam keadaan kering, harus lembab, karena kalo kering maka aku akan gampang sekali mengalami kejadian gatal-gatal itu tadi. Lalu setelah aku amati, si dokter selalu memberi NOROID. Karena aku orangnya kepo-an, tiap dapat obat aku selalu gugling cari tau itu obat apa. Ternyata noroid itu adalah pelembap tubuh, supaya kulitku gak kering.

Setelah kejadian berulang kali gatal, berulang kali ke dokter, dan udah tau aku alergi apa ajah, aku mulai concern pada kesehatan kulitku. Aku selalu berusaha menjaga kelembapan kulitku. Pilihanku jatuh pada The Body Shop Body Butter dan Body Lotion. Aku sudah mencoba beberapa body butter dan body lotion dari TBS ini. Mungkin ladies masih banyak yang bingung, apa sich perbedaan keduanya? Ini aku copy mengenai perbedaan keduanya dari vemale.com

Vemale.com - Kadang kita bingung memilih antara Body Lotion and Body Butter. Meskipun sama-sama buat menjaga kelembapan kulit tubuh kita, masing-masing produk itu punya karakter berbeda-beda, lho.
Semua pelembap tubuh (moisturizer) dibuat dengan karakteristik tersendiri sehingga memiliki kombinasi air, tipe minyak, dan emolien (pengencer) yang berbeda satu sama lainnya. Untuk mendapatkan yang terbaik, Anda harus memilih pelembap yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih pelembab tubuh yang tepat bagi Anda antara lain: seberapa kering kulit tubuh Anda, iklim tempat tinggal, dan bagian tubuh mana yang paling membutuhkan pelembap.
Tekstur body lotion ini paling encer dibanding pelembab kulit lainnya terutama body butter. Lotion merupakan pilihan paling tepat jika Anda membutuhkan pelembap yang bisa digunakan untuk seluruh tubuh. Lotion juga sangat baik digunakan untuk Anda yang berkulit normal cenderung kering serta tidak terlalu bermasalah. Lotion yang baik itu adalah yang tidak terlalu berminyak dan menyerap dengan cepat. Lotion merupakan pilihan yang tepat jika Anda hidup di iklim yang lembap atau ketika cuaca mulai panas.
Body butter sangat pekat menyerupai mentega. Memiliki bahan dasar yang mengandung lemak seperti kacang-kacangan dan buah-buahan. Paling cocok digunakan pada bagian kulit ekstra kering dan pecah-pecah, seperti siku, lutut dan tumit. Sebaiknya body butter digunakan pada malam hari sebelum tidur agar paginya, kulit kembali lembap. Waktu penyerapan body butter ke kulit sangat lama hingga berjam-jam.
Body butter sangat disarankan untuk ibu hamil. Khususnya pada area perut, pinggang, dan paha untuk mencegah timbulnya stretchmark akibat kehamilan.
Body butter dan body lotion sama-sama memiliki kandungan vitamin yang baik untuk pemenuhan nutrisi kulit Anda. Penggunaannya disesuaikan dengan jenis kulit, iklim atau cuaca, serta banyaknya aktivitas Anda. Pilih pelembab kulit sesuai kebutuhan Anda. Semoga dapat membantu ladies memilih produk yang tepat untuk kulitmu :)

Dari artikel diatas, ladies udah tau donk perbedaan body butter dan body lotion? Untuk aku sendiri, aku merasa body lotion lebih cocok buat aku, karena kelembapannya pas. Pernah 2 kali pake body butter TBS, tapi jadinya terlalu lembab buat aku. Pagi pake, siang buat wudhu rasanya licin semua di badan, kalo body lotion, dia lebih cepat meresap di kulit, jadi lebih nyaman.

Terus, saat ini aku pake apa? Aku lagi nyoba THE BODY SHOP VINEYARD PEACH BODY LOTION. Ini adalah body lotion TBS dengan aroma segar buah peach. Wanginya buah peach banget, cukup bagus menjaga kelembapan kulitku. Aku selalu pake pagi setelah mandi, dan malam sebelum tidur, alhasil kulitku selalu lembap dech.


Body lotion ini dikemas dalam botol plastik dilengkapi dengan pump untuk memudahkan kita mengeluarkan isinya. Botolnya besar, berisi lotion 250mL, jadi klo dibawa bepergian menuh-menuhin tas. Jadi kalo mau travelling, bisa pindahin isinya ke botol travel, atau kalo gak ya TBS menyediakan kemasan 60mL untuk yang suka bepergian. Setiap botol the body shop selalu ada gambar dari varian isinya, karena ini seri peach, gambarnya ya buah peach, hehe gak penting banget ya..


Bagian belakang botol seperti biasa, ada keterangan produk, kegunaan, dan cara pakai, no POM juga selalu ada di setiap botol TBS. Klo iseng aku suka ngecek no POM ini ke websitenya BPOM, hehe.. Soalnya aku peduli banget dengan yang namanya keamanan konsumen. Ceileh, bisa jadi menteri kesehatan ney gue. #salahfokus.


Bagian bawah ada harga dan exp date-nya. Gak bosen-bosen aku ingatin untuk selalu mengecek exp date. Gamau kan, klo produk yang kita pake ternyata uda kadeel aka kadalauarsa. Body lotion ini harganya 159k untuk 250mL, tapi waktu itu aku beli di website TBS lagi diskon 40% jadi 95.400 sajo, lumiyin kan? Makanya aku sering ngecek website TBS karena sering diskon banyak, alasan lain karena aku jarang ngemall jadi sering beli online. Haha.


Untuk tekstur, ya seperti body lotion biasa, tapi gak encer-encer banget kok. Warnanya putih agak peach gitu. Cukup keluarkan isinya sedikit saja dengan pump, lalu ratakan ke seluruh tubuh.


Setelah diratakan, kulit akan terlihat glowing, kenapa? ya soalnya kan dia belum meresap sempurna. haha. Setelah beberapa menit dia akan meresap ke tubuh, udah gak lengket lagi, tapi tetap lembap di kulit. Cocok untuk kulit normal cenderung kering seperti kulitku.

Disini, aku juga mau share mengenai produk body butter dan body lotion yang pernah aku gunakan sebelum body lotion peach ini.


Gambar aku ambil dari website TBS karena botol dan wadahnya udah aku tuker jadi point di TBS. Jadi, setiap 3 wadah kosong TBS bisa kita tukar jadi 5 poin (setara pembelanjaan 125.000). Lumayan kan? jadi aku selalu nukerin botol-botol kosongku.

Aku review ya satu-satu produk yang udah aku coba, berdasarkan ingatan ajah ney. haha
1. The Body Shop Moringa Body Butter
Body butter ini wanginya, hmmmm ini salah satu aroma favoritku. Memang, body butter wanginya lebih tahan lama dibanding body lotion. Jadi, pernah pas aku pake ini lewat di depan teman-teman langsung menebar wangi kemana-kemana. Teman-teman pada nanya, "wangi banget, pake apa kamu?" RHS dunk. haha.
2. The Body Shop SPAFIT Toning Concentrate
Kalo yang satu ini yang paling mahal dan paling kecil, hiks hiks. Mbak-mbak TBS bilang kalo produk SPAFIT bisa mencerahkan kulit (mencerahkan lho ya? bukan memutihkan! produk-produk berbahan dasar alami tidak akan pernah mengklaim bahwa produknya bisa memutihkan, tetapi hanya mencerahkan), teracuni donk? Beli lah aku pelembap ini, 1 set pula sama scrub dan firming-nya (nanti aku bahas sendiri varian dari SPAFIT. Hasilnya gimana? Terbukti ladies, kulit memang makin cerah pake ini. Teman-temanku bilang kulitku keliatan lebih cerah waktu pake produk ini. Repurchase? Enggak, soalnya mahal, hiks hiks, nunggu ada donatur ajah. hehe.. Oiya, produk ini seperti wangi jeruk, tapi enak wanginya, gak seperti jeruk biasa. Boleh banget untuk dicoba ney produk.

3. The Body Shop Japanese Cherry Blossom Body Lotion
Aroma bunga sakura pastinya yang kita dapat dari produk ini, berasa di korea dech. Body lotion ini aku gak beli, tapi dapat sebagai birthday gift aku dari TBS di tahun 2014, kecil sich, yang botol travel 60mL, tapi lumayan lah. Seri cherry blossom ini wanginya enak banget dan tahan lama. Tapi kalo ngomongin wangi sich, semua produk TBS wanginya enyak cemuaaaa.

4. The Body Shop Mango Body Butter
Kalo ini salah satu isi dari seserahan aku, hehe. Dari varian buah TBS, aku paling suka MANGO, paling enak menurutku. Body butter ini wangi mangga pastinya, dan terlalu lembab kalo di kulit aku, aku kurang suka soalnya pake pagi, siang wudhu tuh rasanya licin banget di kulit, jadi gak nyaman. Sejak itu aku gak pernah repurchase produk body butter. Tapi mungkin suatu saat jika memang sangat dibutuhkan, aku akan pake lagi.

5. The Body Shop Lychee Blossom Body Lotion
Ini aku beli pas lagi diskon di konter TBS di batam, lupa diskon berapa, sekitar 30-an% jadi bayar 102.000 kalo gak salah. Botolnya lebih kecil sedikit, 200mL dengan harga normal yang sama 159.000 kalo gak salah. Wangiya enak, as usual. Tapi aku gak repurchase, karena masih pingin nyoba varian lain. Masih sangat banyak varian di TBS yang belum dicoba. haha.

6. The Body Shop Mango Body Lotion
Ini nih, ini. My favourite body lotion, MANGO, yup. Wanginya itu loh, gak nahan. Ditambah lagi buah yang paling aku suka memang mangga. Jadi kalo lagi musim mangga, tiap hari aku pasti makan mangga. Sampe mbak dan mas d giant udah hafal sama aku dan suami, haha. Selama aku pake produk pelembap dari TBS, cuma ini yang bikin suamiku bilang "Ini enak dear wanginya", dan memang ini enak banget, suka banget, cinta banget. Kelembapan di kulit pas, gak terlalu lembap, gak terlalu kering. Terus kenapa gak repurchase? soalnya kemarin di website lagi gak diskon yang ini, nah yang si peach diskon 40%. Naluri ibu-ibunya keluar dech. Alhasil beli yang peach. hehe

7. The Body Shop Vineyard Peach Body Lotion
Kalo ini seperti yang udah aku omongin panjang lebar diatas tadi, ini yang lagi aku pake saat ini. Tapi nanti kalo habis, sepertinya aku beli yang mango sajo, kecuali ada diskon gede untuk varian tertentu, bisa teralihkan lagi dech. hihi

Terus, berapa lama sich produk ini habis? Aku sempat nyatet untuk body lotion ukuran 200mL aku habis sekitar +14 minggu pemakaian pagi dan malam. Jadi untuk yang 250mL ini bisa lebih lama lagi.

Ok ladies, sekian dulu info dari aku, semoga bermanfaat, terutama yang lagi bingung milih body butter atau body lotion, tulisan ini bisa jadi bahan pertimbangan. Tapi perlu diingat, produk yang cocok buat aku, belum tentu cocok untuk orang lain, masalah selera juga tiap orang beda-beda.

2 komentar:

  1. Wah makasih revienya, kayaknya recomended nih...jadi pengen nyoba juga.

    numpang tempel ya sist : http://goo.gl/udSZFb

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus