Kamis, 09 Februari 2017

Curhat pengurusan paspor ;(

Kali ini mau curhat dikit boleh gak? Boleh donk? Boleh ya? Plisss, hehe. Jadi ceritanya gini, kami dapat undangan dinner di Singapore dari kantor suami. Berhubung exp paspor aku juni 2017 maka gak bisa donk karena kan minimal harus 6 bulan sebelum exp kalo mau lolos imigrasi. Mau urus di imigrasi batam kata teman suami jangan karena antrinya lama takut gak keburu, terus kami disaranin urus ke pulau sebelah namanya pulau belakang padang. Katanya disana kantor imigrasinya gak terlalu ramai dan prosesnya cepat.


Jam 3 pagi kami dah bangun, jam 4 mulai siap-siap, jam 5an berangkat ke penyeberangan dari rumah sekitar 20menit perjalanan. Disana kami bertemu dengan orang yang mau urus paspor juga. Beliau cerita kalo sebelumnya uda coba urus di batam tapi nihil meski dah antri pagi banget. Katanya disana orang antri dari jam 12 malam. Sumpah? Syok aku dengarnya. Demi apa coba antri jam 12 malam di kantor imigrasi. Putus asa akhirnya orang itu memutuskan urus di pulau ini.

Jam 6an baru ada pompong yang nyebrang. Lama perjalanan sekitar 15 menit biaya 15ribu. Sampai disana belum buka donk kantor imigrasi. Kami menunggu dan alhamdulillah dapat antrian no 3. Saat nama dipanggil dah hepi banget nih berharap cepat kelar tapi ternyata jenk jeennkkk berkasku ditolak karena aku KK batam tapi KTP masih jawa. Aku dah jelaskan kalo memang KTP nya belom jadi (fyi aku urus ktp batam dari november dan katanya blanko habis suruh balik maret/april) dan dulu aku sudah perekaman ektp di Jawa dan sudah bawa surat pernyataan telah melakukan perekaman eKTP. Tetap ditolak karena yang mengeluarkan surat tersebut dari jawa, katanya harus dari kecamatan yang di batam. Ya tadinya aku gak ngira kalo aturannya harus gini karena aku pikirnya kan KK batam dah jadi nih so harusnya kalo dataku di input maka akan keluar donk. Tapi pihak imigrasi tetap gamau dan mengusir kami dengan perkataan "Maaf antrian di belakang masih panjang". Oke, kami pulang dengan raut wajah kecewa dan sedih. Perjuangan bangun pagi dan bela-belain nyebrang segala hasilnya nihil. Sesampai di batam kami langsung ke kecamatan untuk urus surat pengganti ektp. Kekecewaan kami semakin lengkap karena hanya untuk mendapatkan surat itu kami harus menunggu 2 minggu. Ya ampun ini birokrasi kok gini-gini amat ya padahal undangan dinnernya untuk minggu depan jadi ya dengan berat hati aku gak bisa dampingi suami aku disana. Sedih sich tapi ya mau gimana lagi. Hanya saja untuk pemerintah mohon banget pelayanan publik ditingkatkan, jika memang ektp belum jadi dan untuk urus ini itu memang dibutuhkan surat pengganti, mbok ya harusnya pihak kecamatan otomatis ngeluarin surat itu sebagai ganti sampai ektp selesai atau kalo gak ya jangan nunggu 2 minggu gini lah, sehari selesai lah paling tidak kalo cuma surat pengantar. Kasian orang mau urus ini itu kudu nunggu lama. Indonesia please birokrasinya dipermudah donk ;(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar