Kamis, 10 Desember 2015

Lamanya Proses Refund di Zalora

Pagiiiii semua..
Masih di hari belanja online maka aku akan menulis suka duka aku belanja di situs online yang sangat terkenal di Indonesia yaitu Zalora. Total sudah 3 kali aku belanja lewat Zalora dan ada yang lancar tapi ada pula yang mengecewakan. Ini aku share pengalamanku buat referensi ajah ya sebelum memutuskan belanja online.



Ini saking suka nya ceki-ceki barang online sampai aku donlod aplikasi zalora di smartphone aku, hahaha.

Belanja pertama aku di zalora adalah dress. Sebenarnya ini yang beli adek aku tapi aku yang order karena aku adalah ratu online, hahaha becanda. Kali ini aku memilih pembayaran berupa transfer. Ketika barang datang gak ada masalah hanya size nya saja yang agak kebesaran dan ini murni bukan salah zalora tapi adekku salah pilih size. Jadi belanja pertama lancar jaya.

Belanja kedua aku lagi nyari tas. Setelah ceki-ceki nemu lah tas yang sesuai keinginanku. Kali ini aku coba pilih pembayaran dengan COD. Jadi kurir datang bawa barang baru aku bayar cash. Tas datang dalam keadaan mulus ya? Namun ternyata warnanya jauh lebih gelap dari aslinya alias ketuaan banget dari yang aku cari. Ini pengalaman banget buat aku kalo harus hati-hati jika belanja sesuatu yang berwarna lewat online karena ketika datang warna tidak sama persis dengan di foto karena efek cahaya. Kalo mau aman pilih warna hitam putih ajah karena itu mutlak, hahaha.

Belanja ketiga aku membeli kacamata untuk suamiku. Disinilah naasnya. Kacamata datang dengan keadaan bagian hidungnya bengkok banget sehingga kalo dipake miring, gak bisa pas di hidung. Akhirnya aku foto kacamata itu di bagian yang cacat (maaf foto udah kehapus ternyata) dan aku email ke zalora. Mereka meminta aku untuk mengirim balik sajah kacamata itu. Setelah aku kirim proses refundnya sangat sangat sangat luamaaaaa sekali. Aku memang memilih refund, bukan tukar barang karena aku malas kalo barangnya cacat lagi nanti ribet lagi nukarnya jadi aku minta di refund sajah uang plus ongkir aku. Udah gak kehitung berapa kali aku telpon zalora dan jawabannya selalu masih di cek masih di cek dan yang terakhir aku telpon dengan nada agak tinggi karna uda capek banget sama jawaban mereka (ini khilaf jadi jangan ditiru ya? :D). Akhirnya beberapa hari kemudian mereka mengembalikan uang saya. Namun kalo di total-total ada lebih dari 2-3 minggu prosesnya. Ini bener-bener pengalaman berharga buat aku kalo mau beli kacamata lebih baik di optik sajah karena puas milih, bisa lihat barang, dan gratis setting kalo kalo ada yang kurang pas.

Kesimpulannya adalah belanja online memang harus hati-hati. Terus apa aku kapok belanja di Zalora? Enggak juga sich tapi mungkin lebih memilih belanja baju sajah karena sering diskon besar, hahaha. Kalo untuk kacamata aku kapok, mending aku ke optik yang terpercaya apalagi kalo kacamata yang ingin dibeli adalah brand ternama dengan harga lumayan. Capek urus refundnya soalnya kalo online :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar